Apa yang harus dilakukan Manager sebagai pemimpin di perusahaan?
Dalam posisi struktural, manager
dituntut melaksanakan pekerjaan-pekerjaan penting. Mereka harus menyelesaikan
detail pekerjaan mereka. Mereka juga harus berhasil menjaga semangat bawahannya
agar tetap produktif dan mendukung keberhasilan departemennya.
Adrian Gostik dan Chester Elton
melakukan riset selama sepuluh tahun terhadap 150 lebi perusahaan dan 200.000
lebih responden. Mereka meneliti tentang bagaimana Penghargaan terhadap
karyawan bisa meningkatkan keberhasilan perusahaan dalam mencapai visi, misi
dan target bisnis mereka.
Hasil penelitian itu dibukukan
oleh mereka dengan judul The Carrot Principle. Mereka percaya bahwa 4
kompetensi penting seorang dalam memimpin pasti sudah sangat baik jika itu
dilakukan dengan sempurna. Permasalahnya adalah terkadang saat 4 kompetensi
dasar pemimpin itu sudah dilaksanakan dengan baik, masih ada saja karyawan yang
tidak senang bekerja, tidak merasa dihargai dan tidak memberikan kontribusi
terbaik mereka terhadap perusahaan tempat mereka bekerja.
Dalam buku mereka ada 4 kompetensi
dasar yang penting dilakukan dalam menjalankan peran pemimpin. Empat kompetensi
tersebut semakin baik jika dilaksanakan dengan konsisten. Empat kompetensi itu
adalah.
1. Goal-Setting
2. Communication
3. Trust
4. Accountability
Empat kompetensi ini akan sempurna
jika manager melakukan prinsip kelima, yaitu Penghargaan/Menghargai karyawan.
Sebagai Manager, menetapkan tujuan
tim adalah sebuah keharusan. Tanpa tujuan yang jelas dan terarah, tim tidak
akan bergerak kemana-mana. Untuk itulah seorang manager harus mampu menentukan
tujuan dan mencapai tujuan tersebut. Bukan hanya diri sendiri tapi untuk
keberhasilan tim kerjanya.
Berkomunikasi yang baik juga harus
menjadi kompetensi utama seorang manager. Kemampuan komunikasi ini berguna bagi
manager untuk menyampaikan tujuan-tujuan yang sudah ditetapkannya kepada para
tim kerjanya. Tujuannya adalah agar apa yang diinginkan atasan dapat dimengerti
oleh rekan kerja/bawahan dengan jelas. Dengan komunikasi yang baik inilah, apa
yang dipikirkan, apa yang diinginkan seorang manager dapat dipahami oleh
bawahan/rekan kerjanya.
Tidak cukup hanya mampu menetapkan
tujuan, seorang manager juga harus mampu membangun kepercayaan kepada
bawahannya. Mereka harus dipercaya oleh rekan kerjanya agar tujuan dan apa yang
disampaikannya berkaitan dengan tugas dalam diterima dengan baik oleh bawahan
dan dilakukan dengan bersemangat. Kepercayaan bawahan kepada seorang manager
akan membuat mereka mau bekerja dan berjuang bersama mencapai hasil yang
ditargetnya. Kepercayaan tentunya bisa diperoleh darimana saja, misalnya dengan
konsisten terhadap apa yang diucapkan dan dilakukan.
Faktor keempat adalah manager
harus bisa meminta pertanggungjawaban dari bawahan mereka atas apa yang telah
mereka kerjakan. Seorang manager harus mampu membuat karyawan/bawahan/rekan
kerja mereka mempertanggung-jawabkan pencapaian mereka. Mereka tidak berlari
dari tanggung jawab, tapi berani melaporkan hasil pekerjaan mereka, karena
mereka percaya bahwa manager mereka bisa dipercaya dan menampung
permasalahan/pertanyaan dari mereka.
Ternyata, tidak cukup manager
pintar dan pandai dalam menetapkan tujuan, mampu berkomunikasi dengan baik,
dapat dengan mudah dipercaya dan memiliki akuntabilitas yang baik. Seorang
manager harus mampu menghargai karyawan-karyawan yang patut menerimanya.
Memberi penghargaan kepada karyawan yang berprestasi adalah bentuk perhatian
dan penghargaan atas kerja keras mereka. Sekaligus memberikan tanda pemebeda
antara karyawan biasa saja dengan karyawan yang berkualitas baik. Manager harus
dapat menghargai mereka atas usaha mereka, baik dari bahasa tubuh, tepukan pundak
ataupun barang-barang yang sangat mereka butuhkan.
Menghargai tidak murah, bahkan bisa menyedot keuangan perusahaan
untuk karyawannya. Kita membutuhkan dana untuk memberika penghargaan kepada
karyawan. Tapi yakinlah, menurut penelitian Adrian Gostick dan Chester Elton
selama 10 tahun, penghargaan yang diberikan kepada karyawan akan kembali ke
perusahaan dengan produktivitas karyawan yang tak terduga besarnya. Prinsipnya
adalah apa yang kita lakukan, pasti akan orang lakukan juga kepada kita.
Pertanyaannya adalah, “Apakah sebagai manager anda mau menghargai
karyawan anda terlebih dahulu sebelum minta mereka menghargai anda dan
pekerjaan mereka?
SOCIALIZE IT →