Friday 18 September 2015

What The Manager Must Do

Posted By: rentoka - 02:43


Apa yang harus dilakukan Manager sebagai pemimpin di perusahaan?

Dalam posisi struktural, manager dituntut melaksanakan pekerjaan-pekerjaan penting. Mereka harus menyelesaikan detail pekerjaan mereka. Mereka juga harus berhasil menjaga semangat bawahannya agar tetap produktif dan mendukung keberhasilan departemennya.
Adrian Gostik dan Chester Elton melakukan riset selama sepuluh tahun terhadap 150 lebi perusahaan dan 200.000 lebih responden. Mereka meneliti tentang bagaimana Penghargaan terhadap karyawan bisa meningkatkan keberhasilan perusahaan dalam mencapai visi, misi dan target bisnis mereka.
Hasil penelitian itu dibukukan oleh mereka dengan judul The Carrot Principle. Mereka percaya bahwa 4 kompetensi penting seorang dalam memimpin pasti sudah sangat baik jika itu dilakukan dengan sempurna. Permasalahnya adalah terkadang saat 4 kompetensi dasar pemimpin itu sudah dilaksanakan dengan baik, masih ada saja karyawan yang tidak senang bekerja, tidak merasa dihargai dan tidak memberikan kontribusi terbaik mereka terhadap perusahaan tempat mereka bekerja.
Dalam buku mereka ada 4 kompetensi dasar yang penting dilakukan dalam menjalankan peran pemimpin. Empat kompetensi tersebut semakin baik jika dilaksanakan dengan konsisten. Empat kompetensi itu adalah.
1.       Goal-Setting
2.      Communication
3.      Trust
4.      Accountability
Empat kompetensi ini akan sempurna jika manager melakukan prinsip kelima, yaitu Penghargaan/Menghargai karyawan.
Sebagai Manager, menetapkan tujuan tim adalah sebuah keharusan. Tanpa tujuan yang jelas dan terarah, tim tidak akan bergerak kemana-mana. Untuk itulah seorang manager harus mampu menentukan tujuan dan mencapai tujuan tersebut. Bukan hanya diri sendiri tapi untuk keberhasilan tim kerjanya.
Berkomunikasi yang baik juga harus menjadi kompetensi utama seorang manager. Kemampuan komunikasi ini berguna bagi manager untuk menyampaikan tujuan-tujuan yang sudah ditetapkannya kepada para tim kerjanya. Tujuannya adalah agar apa yang diinginkan atasan dapat dimengerti oleh rekan kerja/bawahan dengan jelas. Dengan komunikasi yang baik inilah, apa yang dipikirkan, apa yang diinginkan seorang manager dapat dipahami oleh bawahan/rekan kerjanya.
Tidak cukup hanya mampu menetapkan tujuan, seorang manager juga harus mampu membangun kepercayaan kepada bawahannya. Mereka harus dipercaya oleh rekan kerjanya agar tujuan dan apa yang disampaikannya berkaitan dengan tugas dalam diterima dengan baik oleh bawahan dan dilakukan dengan bersemangat. Kepercayaan bawahan kepada seorang manager akan membuat mereka mau bekerja dan berjuang bersama mencapai hasil yang ditargetnya. Kepercayaan tentunya bisa diperoleh darimana saja, misalnya dengan konsisten terhadap apa yang diucapkan dan dilakukan.
Faktor keempat adalah manager harus bisa meminta pertanggungjawaban dari bawahan mereka atas apa yang telah mereka kerjakan. Seorang manager harus mampu membuat karyawan/bawahan/rekan kerja mereka mempertanggung-jawabkan pencapaian mereka. Mereka tidak berlari dari tanggung jawab, tapi berani melaporkan hasil pekerjaan mereka, karena mereka percaya bahwa manager mereka bisa dipercaya dan menampung permasalahan/pertanyaan dari mereka.
Ternyata, tidak cukup manager pintar dan pandai dalam menetapkan tujuan, mampu berkomunikasi dengan baik, dapat dengan mudah dipercaya dan memiliki akuntabilitas yang baik. Seorang manager harus mampu menghargai karyawan-karyawan yang patut menerimanya. Memberi penghargaan kepada karyawan yang berprestasi adalah bentuk perhatian dan penghargaan atas kerja keras mereka. Sekaligus memberikan tanda pemebeda antara karyawan biasa saja dengan karyawan yang berkualitas baik. Manager harus dapat menghargai mereka atas usaha mereka, baik dari bahasa tubuh, tepukan pundak ataupun barang-barang yang sangat mereka butuhkan.

Menghargai tidak murah, bahkan bisa menyedot keuangan perusahaan untuk karyawannya. Kita membutuhkan dana untuk memberika penghargaan kepada karyawan. Tapi yakinlah, menurut penelitian Adrian Gostick dan Chester Elton selama 10 tahun, penghargaan yang diberikan kepada karyawan akan kembali ke perusahaan dengan produktivitas karyawan yang tak terduga besarnya. Prinsipnya adalah apa yang kita lakukan, pasti akan orang lakukan juga kepada kita. Pertanyaannya adalah, “Apakah sebagai manager anda mau menghargai karyawan anda terlebih dahulu sebelum minta mereka menghargai anda dan pekerjaan mereka?

Copyright © 2015 All Rights Reserved

Blogger Templates Designed by Templatezy