Friday 18 September 2015

5 Level HoRenSo (Menengah)

Posted By: rentoka - 02:20


LEVEL 3

Houkoku
§  Melakukan HORENSO, dengan menjelaskan tujuan.
§  Melakukan “laporan sementara”, waktu perubahan situasi, atau dalam pekerjaan yang butuh waktu lama, atau waktu pekerjaannya hampir selesai.
§  Menyadari pentingnya “HORENSO Sementara”, dan melaksanakannya.
§  Telah mengetahui cara penjelasan “Membagi Tiga”, dan menggunakannya.

Renraku
§  Memahami bahwa arti Renraku adalah “memiliki informasi bersama”. Dan mendalami pemilikan informasi bersama.
§  Men-support atasan dengan “pemberian informasi” yang aktif.
§  Mengajukan surat ucapan terima kasih, dengan segera. Dan menelepon ucapkan terima kasih. (Mengetahui kapan diperlukan.)
Soudan
§  Atas nama / dengan bentuk Soudan, melakukan “pengajuan usulan”, “penyampaian informasi” dan mengkonfirmasikan “visi dan maksud atasan”.
§  Dalam Soudan, melakukan “pemberian informasi sebelum rapat” juga.
§  Dengan “sifat mendengar dengan aktif” mendalami, memiliki informasi bersama.
§  Mempunyai seseorang yang dapat Soudan dengan tanpa menutup rahasia dan membuka hati dengan luas.

LEVEL 4

Houkoku
§  Bukan hanya melaporkan hasil dan kondisi saja, akan tetapi memberikan “opini sendiri”, dan menyertakan “usulan” juga.
§  Selain laporan segar, melaporkan analisa dan tanggapan mengenai penyebab dan usulan tindakan untuk memecahkan masalah juga.
§  Apabila diserahkan wewenang, melakukan HORENSO yang sesuai.
§  Bukan hanya terhadap atasan, terhadap bawahan (junior), rekan kerja, bagian terkait juga dilakukan Houkoku dengan pasti.

Renraku
§  Melihat kepentingan, kedesakan (urgensi) dan lingkup tujuan informasikan dengan pandangan yang paling tinggi. (Melihat juga dengan pandangan rendah, dan pandangan horizontal serta dari luar.)
§  Memikirkan juga pengaruhnya isi / cara Renraku terhadap tempat lain, atau pengaruh itu apakah mempunyai sifat lebih luas atau tidak.
§  Dapat ditambahkan Renraku informasi yang segar, bisa juga dapat Renraku informasi olahan.

Soudan
§  Sambil mementingkan, baik diri-sendiri maupun orang lain, dapat menjelaskan keinginan sendiri dengan jujur dan terus terang, juga bisa mendekati dengan tindakan yang fleksible.
§  Menerima Soudan dari customer, atasan, dan dari luar kantor juga.
§  Kalau perlu, Soudan juga terhadap ahli di luar kantor.
§  Dengan pertanyaan yang efisien, mendalami pemilikan informasi bersama.
Bukan hanya soudan masalah sekarang saja, tetapi untuk masalah masa depan juga melakukan Soudan.

Copyright © 2015 All Rights Reserved

Blogger Templates Designed by Templatezy