Monday 26 October 2015

Interpersonal-skill

Posted By: rentoka - 22:08

INTERPERSONAL SKILL / KETERAMPILAN INTERPERSONAL

Keterampilan interpersonal adalah keterampilan hidup yang kita gunakan setiap hari untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, baik secara individu maupun dalam kelompok. Orang-orang yang telah bekerja pada pengembangan keterampilan interpersonal yang kuat biasanya lebih sukses baik dalam kehidupan profesional dan pribadi mereka.

Pengusaha sering mencari untuk mempekerjakan staf dengan 'keterampilan interpersonal yang kuat' - mereka ingin orang-orang yang akan bekerja dengan baik dalam tim dan mampu berkomunikasi secara efektif dengan rekan-rekan, pelanggan dan klien.

Keterampilan interpersonal tidak hanya penting di tempat kerja, kehidupan pribadi dan sosial kita juga bisa mendapatkan keuntungan dari kemampuan interpersonal yang lebih baik. Orang dengan keterampilan interpersonal yang baik biasanya dianggap sebagai optimis, tenang, percaya diri dan karismatik - kualitas yang sering menawan atau menarik bagi orang lain.

Keterampilan Interpersonal Meliputi :

  • Komunikasi Verbal - Apa yang kita katakan dan bagaimana kita mengatakan itu.
  • Komunikasi Non-Verbal - Apa yang kita berkomunikasi tanpa kata-kata, bahasa tubuh adalah contoh.
  • Mendengarkan Keterampilan - Bagaimana kita menafsirkan kedua pesan verbal dan non-verbal yang dikirim oleh orang lain.
  • Negosiasi - Bekerja dengan orang lain untuk menemukan hasil yang disepakati bersama.
  • Problem Solving - Bekerja dengan orang lain untuk mengidentifikasi, menentukan dan memecahkan masalah.
  • Pengambilan Keputusan - Menjelajahi dan menganalisis pilihan untuk membuat keputusan suara.
  • Ketegasan - Berkomunikasi kami nilai, ide-ide, keyakinan, pendapat, kebutuhan dan keinginan bebas.
Keterampilan interpersonal yang menjadi begitu alami yang kita dapat membawa mereka untuk diberikan, tidak pernah berpikir tentang bagaimana kita berkomunikasi dengan orang lain. Dengan sedikit waktu dan usaha Anda dapat mengembangkan keterampilan ini. Keterampilan interpersonal yang baik dapat meningkatkan banyak aspek kehidupan Anda - profesional dan sosial - mereka menyebabkan pemahaman yang lebih baik dan hubungan.

Keterampilan interpersonal juga kadang-kadang disebut sebagai: keterampilan sosial, keterampilan orang, soft skill, keterampilan komunikasi atau keterampilan hidup. Meskipun hal ini dapat mencakup kemampuan interpersonal mereka cenderung lebih luas dan karena itu juga bisa merujuk jenis keterampilan.

Namun, dasar bagi banyak keterampilan lain yang dibangun pada keterampilan interpersonal yang kuat karena ini relevan dengan hubungan pribadi, sosial dan kehidupan profesional.

Tanpa keterampilan interpersonal yang baik seringkali lebih sulit untuk mengembangkan keterampilan hidup yang penting lainnya.

Tidak seperti keterampilan khusus dan teknis (hard skill), keterampilan interpersonal (soft skills) yang digunakan setiap hari dan di setiap bidang kehidupan kita.

Cari tahu bagaimana untuk meningkatkan dan mengembangkan keterampilan interpersonal Anda termasuk:

Belajar Mendengarkan
Mendengarkan adalah tidak sama dengan pendengaran. Luangkan waktu untuk mendengarkan dengan cermat apa yang dikatakan orang lain baik melalui komunikasi verbal dan non-verbal mereka. Halaman Keterampilan Mendengarkan kami untuk mempelajari lebih lanjut.

Pilih Kata-Kata Anda
Menyadari kata-kata yang Anda gunakan ketika berbicara dengan orang lain. Bisakah Anda disalahpahami atau membingungkan masalah? Berlatih kejelasan dan belajar untuk mencari umpan balik untuk memastikan pesan Anda telah dipahami.

Mendorong orang lain untuk terlibat dalam komunikasi dan menggunakan pertanyaan yang tepat untuk mengembangkan pemahaman Anda.

Memahami Mengapa Komunikasi Gagal
Komunikasi adalah jarang sempurna dan dapat gagal untuk sejumlah alasan. Belajar tentang berbagai hambatan komunikasi yang baik sehingga Anda dapat menyadari - dan mengurangi kemungkinan - komunikasi interpersonal tidak efektif dan kesalahpahaman.

Bersantai
Ketika kita gugup kita cenderung berbicara lebih cepat dan karena itu kurang jelas. Menjadi tegang juga terlihat dalam bahasa tubuh kita dan komunikasi non-verbal lainnya. Sebaliknya, cobalah untuk tetap tenang, melakukan kontak mata dan tersenyum. Biarkan bersinar rasa percaya diri Anda.

Belajar untuk mengambil waktu untuk bersantai, lihat bagian kami: Teknik Relaksasi. Selanjutnya halaman yang relevan meliputi: Berurusan dengan Stres dan Mengatasi Saraf Presentation.

Menjelaskan
Menunjukkan minat pada orang-orang yang Anda ajak bicara. Mengajukan pertanyaan dan meminta penjelasan pada setiap poin yang bisa dengan mudah disalahpahami.

Menjadi positif
Cobalah untuk tetap positif dan ceria. Orang jauh lebih mungkin tertarik pada Anda jika Anda dapat mempertahankan sikap positif.

Empathise
Memahami bahwa orang lain mungkin memiliki sudut pandang yang berbeda. Cobalah untuk melihat sesuatu dari sudut pandang mereka. Anda dapat belajar sesuatu sementara mendapatkan rasa hormat dan kepercayaan dari orang lain.

Memahami Stress
Belajar mengenali, mengelola dan mengurangi stres pada diri sendiri dan orang lain. Meskipun stres tidak selalu buruk, dapat memiliki efek yang merugikan pada komunikasi interpersonal Anda. Belajar bagaimana mengenali dan mengelola stres, pada diri sendiri dan orang lain, adalah keterampilan pribadi yang penting.

Belajar untuk menjadi asertif
Anda harus berusaha untuk menjadi baik pasif maupun agresif. Menjadi asertif adalah tentang mengekspresikan perasaan dan keyakinan dengan cara yang lain bisa memahami dan menghormati. Ketegasan adalah fundamental untuk sukses negosiasi.

Mencerminkan dan Meningkatkan
Pikirkan tentang percakapan sebelumnya dan interaksi antar pribadi lainnya; belajar dari kesalahan Anda dan keberhasilan. Selalu menjaga sikap positif tetapi menyadari bahwa Anda selalu dapat meningkatkan keterampilan komunikasi kita.

Merundingkan
Pelajari cara efektif bernegosiasi dengan orang lain membuka jalan untuk saling menghormati, kepercayaan dan hubungan interpersonal abadi.

Bekerja di Grup
Kita sering menemukan diri kita dalam situasi kelompok, profesional dan sosial. Pelajari semua tentang berbagai jenis kelompok dan tim.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 All Rights Reserved

Blogger Templates Designed by Templatezy